Thursday, 25 June 2009 on 4:26am

Pelatihan Implementasi dan Dokumentasi Jaminan Mutu Pengujian Aflatoksin pada Bahan Pangan dan Pakan

Pelatihan Implementasi Dan Dokumentasi
Jaminan Mutu Pengujian Aflatoksin Pada Bahan Pangan Dan Pakan
Seameo Biotrop Bogor, 21-24 Juli 2009


Latar Belakang
Di Indonesia iklim tropis mengakibatkan bahan pangan dan pakan mudah terserang oleh cendawan (kapang, jamur) dan terkontaminasi oleh mikotoksin. Aflatoksin adalah metabolit sekunder yang dihasilkan oleh cendawan Aspergillus flavus dan A.parasiticus.  

Bahan pangan dan pakan yang mudah terkontaminasi aflatoksin antara lain jagung dan kacang tanah. Penyakit yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi pangan atau pakan yang terkontaminasi oleh aflatoksin yaitu kanker hati.

Laboratorium pengujian aflatoksin memegang peranan penting dalam pengawasan keamanan pangan. Selain keberadaan dokumen dan rekaman,  jaminan mutu pengujian aflatoksin dipengaruhi oleh pemilihan metode, operator dan peralatan yang digunakan pada pengujian.

Tujuan Pelatihan

1. Memberikan informasi dalam implementasi jaminan mutu pengujian aflatoksin, agar diperoleh hasil uji yang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.
2. Menginformasikan Dokumentasi  Laboratorium Pengujian Aflatoksin, sebagai alat utama dalam implementasi Jaminan Mutu Pengujian Aflatoksin.

TOPIK BAHASAN
Beberapa aspek biologi  cendawan penghasil aflatoksin
Dokumentasi pengujian aflatoksin sesuai ISO/IEC 17025 : 2005
Pengujian aflatoksin menggunakan metode TLC, HPLC dan Immunoaffinity.    

METODE
Presentasi dan tanya jawab
Praktikum pengujian aflatoksin dan pembuatan dokumentasi terkait pengujian aflatoksin.

PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran Rp. 5.000.000,- (lima juta  rupiah / peserta). Pembayaran melalui transfer bank ke SEAMEO BIOTROP  nomor rekening 0003893863 BNI Kantor Cabang Bogor Jl.Ir. H. Juanda 52, Bogor. Biaya tersebut meliputi training kit, snack, makan  pagi dan siang, bahan kimia, akomodasi di dormitory SEAMEO BIOTROP selama pelatihan berlangsung, dan sertifikat.
Formulir pendaftaran dikirimkan melalui faksimili ke 0251-8326851, 8357175   atau melalui  email (ambarwati@biotrop.org  / okky@biotrop.org / ina@biotrop.org),  paling lambat tanggal 16 Juli 2009.

Untuk informasi download disini 

Share this:

Latest News

SEAMEO BIOTROP Hosts Delegates From Türkiye and Malaysia for Biodiversity Conservation and Innovative Research on Invasive Species

SEAMEO BIOTROP Welcomes MSIB Batch 6 with an Official Onboarding Event

SEAMEO BIOTROP Service Laboratory Undergoes 2nd Surveillance Assessment by National Accreditation Committee (KAN) for ISO/IEC 17025:2017 Compliance

SEAMEO BIOTROP Welcomes University of Indonesia Students for Mushroom Cultivation Project

SEAMEO BIOTROP's 4th ICTB Conference: A Commitment to Tackling Global Challenges and Climate Change

News Archive