Tuesday, 16 June 2009 on 3:48am

BIOTROP mengadakan TC mengenai Tanaman Obat

Pada tanggal 8 sampai dengan 12 Juni 2009, BIOTROP mengadakan pelatihan berjudul “Training Course on The Conservation and Sustainable Management of the Medicinal Plants of Tropical Forest”. Pelatihan ini diketuai oleh Dr. Hilman Affandi, Peneliti BIOTROP dan dikoordinasikan oleh BIOTROP Training Information Center (BTIC). Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkenalkan kepada peserta tentang metode pelestarian dan pengelolaan berkelanjutan tanaman obat hutan tropis. Pelatihan ini meliputi pembekalan teori selama 2 hari serta praktek kerja dan kunjungan lapangan selama 3 hari.

Peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kebun Tanaman Obat Karya Sari, Biofarmaka IPB. Sedangkan praktek kerja dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan mengikuti training ini diharapkan para peserta dapat mengetahui pentingnya tanaman obat untuk kehidupan sehingga dapat mendorong pemerintah dan industri untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Laporan dan sambutan kepada peserta disampaikan oleh Dr. Hilman Affandi selaku ketua pelatihan. Pembukaan pelatihan dipimpin oleh Dr. Bambang Purwantara, Direktur SEAMEO BIOTROP. Didalam sambutannya beliau menekankan betapa pentingnya melestarikan tanaman obat. Beliau juga menambahkan bahwa BIOTROP akan selalu siap untuk mendukung segala bentuk kegiatan pelestarian ini sesuai dengan payung program yang menjadi pedoman penelitian BIOTROP. Pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yaitu dari Brunei Darussalam (1), Cambodia (1), Indonesia (6), Malaysia (8), Philippines (1) dan Thailand (1). Pelatihan ini ditutup oleh Direktur pada tanggal 12 Juni 2009, pukul 15:00.

Share this:

Latest News

SEAMEO BIOTROP Hosts Delegates From Türkiye and Malaysia for Biodiversity Conservation and Innovative Research on Invasive Species

SEAMEO BIOTROP Welcomes MSIB Batch 6 with an Official Onboarding Event

SEAMEO BIOTROP Service Laboratory Undergoes 2nd Surveillance Assessment by National Accreditation Committee (KAN) for ISO/IEC 17025:2017 Compliance

SEAMEO BIOTROP Welcomes University of Indonesia Students for Mushroom Cultivation Project

SEAMEO BIOTROP's 4th ICTB Conference: A Commitment to Tackling Global Challenges and Climate Change

News Archive