Friday, 12 February 2010 on 5:34am

SEAMEO BIOTROP mengadakan konferensi meja bundar

BIOTROP mengadakan diskusi meja bundar tentang "Optimalisasi Pemanfaatan dan Pelestarian Waduk Kaskade Sungai Citarum", di Bogor, pada tanggal 04 Februari 2010.

Pada diskusi tersebut ada 20 makalah yang dipresentasikan dari hasil penelitian berbagai lembaga, ahli, dan pengelola waduk. Makalah-makalah tersebut hasil penelitian terhadap berbagai aspek dari keberadaan dan kondisi Waduk Kaskade Sungai Citarum.

Waduk Kaskade Sungai Citarum adalah Waduk Saguling, Cirata, Jatiluhur, dan Curug. Sungai Citarum sendiri adalah sungai terpanjang di Jawa Barat, yakni mencapai 225 kilometer mulai dari Gunung Wayang (Kabupaten Bandung) hingga Muara Gembong (Kabupaten Karawang dan Bekasi).

Dr Sutrisno Sukimin, aquatic ecologist dari Biotrop, mengatakan, berbagai penelitian oleh banyak lembaga dan ahli, termasuk oleh Biotrop dan pengelola waduk-waduk tersebut, menunjukkan, pendangkalan waduk sudah terjadi dan cukup masif. Dengan demikian, debit air yang masuk dan keluar dari waduk semakin kecil. Pada akhirnya kalau pendangkalan terus diabaikan berakibat pada penurunan produksi listrik yang dihasilkan PLTA Saguling, Cirata, dan Jatiluhur.

Direktur SEAMEO Biotrop Dr Bambang Purwantara mengatakan, waduk sebagai salah satu penyangga kehidupan memerlukan upaya pengelolaannya, yang dapat mempertahankan, melestarikan, dan memulihkan ekosistem waduk dengan memerhatikan keanekaragaman manfaat dan pentingnya bagi tata kehidupan manusia dan alam.

Share this:

Latest News

SEAMEO BIOTROP Staff, Retirees, and Guests Gather for Halal Bihalal 1445H

BIOTROP Engages in 2nd SEAMEO Strategic Workshop on Monitoring, Evaluation, and Learning Organized by SEAMEO Secretariat, Bangkok, Thailand, 27 – 28 March 2024

SEAMEO BIOTROP Participates in the 7th SEAMEO Centre Policy Research Network (CPRN) Summit 2024 in Brunei Darussalam

SEAMEO BIOTROP Engages in Benchmarking and Study Visit of Libraries for Revitalization Project

BIOTROP's Director Dr. Zulhamsyah Imran Champions Education Innovation at the 12th SEAMEO-University of Tsukuba Symposium

News Archive