Book Review
Reclamation of Mine-Impacted Land for Ecosystem Recovery
by : Nimisha Tripathi, Raj Shekhar Singh, Colin D. Hills
Status

Update: 13 Sep 2019
Published: since 1 Mar 2008

Online Users: 8

 

Copyright © 2011
SEAMEO BIOTROP
All Rights Reserved.

Follow us on:
BIOTROP on Facebook Facebook

Instagram

Youtube


ISO 9001:2015 Certified

ISO 17025:2005 Certified

KNAPPP Certified
ToT Pemodelan Spasial Potensi Sumberdaya Pertanian untuk Mendukung Program Ketahanan Pangan
Download Related Materials (leaflet/brosur/etc.): | File 1 |

Pendahuluan
Pemodelan spasial dalam kerangkan perencanaan diyakini sebagai salah satu metode yang dapat mempertemukan pendekatan sektoral dan kewilayahan. Sinergitas pendekatan sektoral dan kewilayahan memastikan setiap program pembangunan ekonomi berbasis pada potensi wilayah yang dimiliki. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi sumber daya pertanian yang tersebar di seluruh wilayah dari propinsi hingga ke desa-desa. Potensi tersebut akan menjadi asset pembangunan yang sangat berharga jika dapat dikelola dan sekaligus dijaga keberlanjutannya.

Melihat urgensi dan potensi strategis pengelolaan dan perencanaan sumber daya pertanian, maka SEAMEO BIOTROP berinisiatif untuk menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) “Pemodelan Spasial Potensi Sumberdaya Pertanian untuk Mendukung Program Ketahanan Pangan”.Kegiatan ToT ini akan memberikan wawasan teknokratis dan objektif serta menjadi pondasi yang penting bagi para praktisi, pemerintah daerah dan akademisi dalam mengkaji potensi sumber daya pertanian penghasil pangan utama, yakni padi/beras. Pemodelan spasial dalam konteks monitoring padi akan memberikan gambaran trade-off antara pemanfaatan ruang dan kecukupan pangan. Gambaran kecukupan pangan hasil simulasi model dinamika spasial dapat dijadikan pertimbangan dalam mendukung program kemandirian pangan di era pertanian 4.0 pada berbagai level administrasi wilayah.

Kegiatan pelatihan ini menitikberatkan pada pemahaman teori dan praktek desain model dinamika spasial, serta pemanfaatan pemodelan spasial untuk melakukan prospeksi di masa yang akan datang terhadap skenario yang diberlakukan.  Kegiatan ToT ini juga diarahkan untuk meningkatkan softskill dan hardskill peserta ToT dalam mengelola dan memanfaatkan data spasial untuk eksplorasi potensi sumberdaya pertanian lokal. . Kegiatan ToT diberikan melalui teori dan praktek studi kasus menggunakan alat bantu komputer, software pengolah data spasial, dan software pemodelan.

Tujuan Kegiatan
Kegiatan ToT ini bertujuan untuk meningkatan pemahanan peserta akan pentingnya data spasial dalam bidang perencanaan, manajemen dan pemanfaatan ruang/wilayah pertanian.Peserta diharapkan mampu melakukan analisis potensi sumberdaya pertanian lokal dengan menggunakan pendekatan pemodelan spasial dan Sistem Informasi Geografis, serta dapat menularkan pengetahuan yang diperoleh kepada stakeholder yang relevan

 Materi ToT

  1. Konsep Model Dinamika Sistem
  2. Model Dinamika Sistem untuk Mendukung Pengambilan Keputusan pada Perencanaan Spasial untuk Ketahanan Pangan
  3. Batasan, Bentuk dan Hierarki Model
  4. Diagram Forester Alat Bantu dalam Pemodelan
  5. Analisis Bobot Determinan Spasial untuk Input Model
  6. Penyiapan Variable Data Spasial dan Non-Spasial untuk Input Model
  7. Analisis Planting-lag menggunakan Data MODIS
  8. Desain Model Spasial Perubahan Lahan Sawah
  9. Desain Model Pertumbuhan Padi dan Kecukupan Pangan
  10. Integrasi Model Spasial Perubahan Lahan Sawah, Pertumbuhan Padi dan Kecukupan Pangan
  11. Input Skenario Model Spasial Ketahanan Pangan
  12. Simulasi Skenario Model Spasial Ketahanan Pangan
  13. Metode dan Aplikasi Participatory Prospective Analysis
  14. Simulasi Participatory Prospective Analysis untuk Mendukung Program Mandiri Pangan

Peserta ToT
Jumlah peserta ToT dibatasi maksimum 30 orang. Untuk mengikuti kegiatan ini, calon peserta diharapkan sudah memiliki pengetahuan pendukung, yakni; (1) pengetahuan dasar menggunakan komputer; (2) pengetahuan dasar Sistem Informasi Geografis (GIS); (3) pengetahuan dan kemampuan dasar menggunakan aplikasi ArcGIS; dan (4) pengetahuan dasar mengenai pemrograman komputer/programming. Peserta juga diharuskan membawa laptop yang memadai untuk pengolahan dan analisis spasial, dengan spesifikasi minimum: prosesor setara Intel i5, memori 4GB dan ruang harddisk tersedia 250GB.

Tempat dan Tanggal ToT
Kegiatan ToT akan dilaksanakan di Kampus SEAMEO BIOTROP, Jalan Raya Tajur Km. 6 Bogor. Pelaksanaan kegiatan pada tanggal 24 – 28 Juni 2019.

Link pendaftaran online: http://link.biotrop.org/totspasial

Contact Person:
Ulfah Zul Farisa
0878-5373-888
cbd@biotrop.org