Book Review
Reclamation of Mine-Impacted Land for Ecosystem Recovery
by : Nimisha Tripathi, Raj Shekhar Singh, Colin D. Hills
Status

Update: 12 Jun 2019
Published: since 1 Mar 2008

Online Users: 8

 

Copyright © 2011
SEAMEO BIOTROP
All Rights Reserved.

Follow us on:
BIOTROP on Facebook Facebook

Instagram

Youtube


ISO 9001:2015 Certified

ISO 17025:2005 Certified

KNAPPP Certified
1st Quarterly Public Seminar: Perkembangan Teknologi Reklamasi Tambang di Indonesia
Dewi Suryani, MM
Download Related Materials (leaflet/brosur/etc.): No data retrievable.

1.     Latar Belakang Kegiatan

Gangguan terhadap lingkungan tidak dapat dihindarkan dalam usaha pertambangan.  Gangguan terhadap lingkungan ini bersifat sementara dan harus dikendalikan agar tidak menimbulkan dampak yang luas dan bersifat merugikan.  Lahan bekas tambang harus dipulihkan kembali fungsinya sesuai dengan peruntukannya, sehingga lahan bekas tambang tetap menjadi bagian lansekap yang produktif.  Berbagai teknologi terus dikembangkan untuk mengembalikan produktivitas lahan bekas tambang dan mengendalikan cemaran air limbah tambang. 

Dr Irdika Mansur adalah Direktur SEAMEO BIOTROP dan Dosen di Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB telah lebih dari 20 tahun meneliti reklamasi lahan bekas tambang dan menggunakan pendekatan silvikultur untuk mengelola air limbah tambang di Indonesia. Fakultas Kehutanan sejak 1995 dan SEAMEO BIOTROP sejak tahun 2009 secara konsisten berkontribusi untuk perbaikan pengelolaan lahan bekas tambang.  Dalam Quarterly Public Seminar Series yang diselenggarakan SEAMEO BIOTROP ini akan disajikan bagaimana praktek-praktek yang baik (best practice) dalam melakukan penambangan untuk menekan gangguan terhadap lingkugan dan untuk menjamin keberhasilan reklamasi lahan bekas tambang.  Teknologi dan strategi baru pengelolaan lingkungan tambang dan reklamasi lahan bekas tambang akan dipresentasikan. 

2.    Tujuan Kegiatan

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta dan menjadi wadah penyebarluasan informasi terkait perkembangan teknologi pertambangan di Indonesia.

3.    Target Peserta

Sivitas akademik di lingkungan perguruan tinggi, peneliti di institusi negeri dan swasta, pemerintah daerah, pemangku kepentingan, dan masyarakat umum di bidang pertambangan Indonesia.

4.    Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Kegiatan seminar akan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2019 di Ruang Jati – Mahoni, Gd. Utama SEAMEO BIOTROP, Jl. Raya Tajur Km. 6, Bogor.