Wednesday, 11 February 2009 on 8:39am

SEAMEO BIOTROP Merayakan Ulang Tahun Ke-41

Dalam rangka memperingati hari jadi SEAMEO BIOTROP ke-41, SEAMEO BIOTROP melaksanakan rangkaian kegiatan meliputi yaitu:
1.    Jumat bersih ( 6 Februari 2009)
2.    Talk Show di RRI Bogor (6 Februari 2009)
3.    Seminar hasil DIPA (17 Februari 2009)
4.    Bazar, Donor Darah (19 Februari 2009)
5.    Khitanan masal (20 Februari 2009)
6.    Talkshow di Radio Megaswara Bogor ( 19 Februari 2009)
7.    Remote Sensing & GIS for Student (22 Februari 2009)
8.    Penghijauan & penanaman pohon (22 Februari 2009)
9.    Acara Syukuran (31 Maret 2009)

Pembukaan acara Jumat Bersih bertempat di Conference Hall, SEAMEO BIOTROP dipimpin oleh Asep Syarif Hidayat, S.E, HRM Unit Head. Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Bambang Purwantara, Direktur SEAMEO BIOTROP, Dr.Ir. Irdika Mansur, M.For.Sc, DDRMC SEAMEO BIOTROP dan seluruh staf BIOTROP.

Pada acara sambutannya, Dr. Bambang Purwantara menyampaikan bahwa sebagai pusat regional/internasional, SEAMEO BIOTROP diharapkan menjadi pusat unggulan yang mampu bersaing dengan pusat-pusat regional/internasional lainnya serta membentuk jejaring kerjasama (networking) dengan berbagai organisasi dari berbagai negara. Dalam Rencana Induk Lima Tahun yang ke-delapan (2007-2012), SEAMEO BIOTROP menetapkan lima program dasar (Programme thrust) untuk penelitian yaitu :
1. Pengelolaan Hama dan Penyakit
   - Jenis Tanaman Asing Invasif
   - Aflatoxin
2. Biosistematika
3. Produk-produk Alami dan Pengelolaan Limbah    
4. Pengelolaan Pesisir dan Ekosistem Air
5. Bioteknologi

Sebelum acara ‘Jumat Bersih’ dimulai Ust. Dr. Hasim, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor menyampaikan ceramahnya dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Dr. Supriyanto selaku ketua panitia. Setelah rangkaian acara pembukaan  selesai seluruh staf BIOTROP memulai acara kerja bakti di lingkungan SEAMEO BIOTROP. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar staf.
Selain acara Jumat Bersih, pada hari tersebut juga dilaksanakan siaran di Radio Republik Indonesia (RRI) Bogor, Talk Show dalam rangka ULTAH BIOTROP yang bertujuan untuk Sosialisasi kegiatan SEAMEO BIOTROP kepada masyarakat umum. Materi yang disampaikan meliputi “apa sih BIOTROP itu?’, kegiatan yang telah dilaksanakan, dan isu-isu terkini seperti aflatoxin, kegiatan RCE, Bogor Science Park dan lain-lain.

Pada acara siaran tersebut Dr. Bambang Purwantara, didampingi oleh Dr.Ir. Irdika Mansur, M.For.Sc, Dr. Okky S. Dharmaputra, Dr. Hartrisari H. Acara tersebut disiarkan langsung melalui FM 93,75 PRO 1 RRI Bogor. Masih banyak lagi rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka Ulang Tahun SEAMEO BIOTROP ke-41.

Share this:

Latest News

SEAMEO BIOTROP Engages in Benchmarking and Study Visit of Libraries for Revitalization Project

BIOTROP's Director Dr. Zulhamsyah Imran Champions Education Innovation at the 12th SEAMEO-University of Tsukuba Symposium

SEAMEO BIOTROP Hosts Delegates From Türkiye and Malaysia for Biodiversity Conservation and Innovative Research on Invasive Species

SEAMEO BIOTROP Welcomes MSIB Batch 6 with an Official Onboarding Event

SEAMEO BIOTROP Service Laboratory Undergoes 2nd Surveillance Assessment by National Accreditation Committee (KAN) for ISO/IEC 17025:2017 Compliance

News Archive